8 Jenis Kain Yang Cocok Untuk Gorden

Gorden merupakan salah satu item penting dalam sebuah hunian. Gorden sendiri adalah sebuah potongan kain yang dijahit sedemikian rupa untuk kemudian digunakan sebagai penghalang. Bahkan tidak jarang jenis kain gorden difungsikan sebagai pembeda antar dua ruangan yang berbeda. Atau hanya sekedar untuk mempercantik tampilan interior sebuah hunian.

Setiap gorden memiliki jenis kain dan kualitas kain yang berbeda-beda. Sehingga pemilihan jenis dan kualitas kain untuk horden bisa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti peruntukan horden, dan sebagainya. Sehingga terdapat beberapa pilihan jenis kain yang bisa digunakan opsi bahan dalam membuat tirai atau gorden.

Beragamnya opsi kain untuk gorden barangkali bisa membuat Anda cukup bingung untuk memutuskan pilihan kain gorden. Oleh karena itu berikut 8 jenis kain untuk gorden yang bisa menjadi alternatif pilihan.

Mengenal Jenis Kain Gorden

Pemilihan jenis bahan gorden sangat bergantung pada selera dan kebutuhan. Oleh karena itu, agar pilihan bahan gorden bisa lebih tepat sasaran, beberapa opsi berikut bisa menjadi opsi awal yang cukup mewakili jenis-jenis bahan lainnya.

1. Jenis Kain Gorden Satin Halus

Kain Satin. Sumber : bukabukumu.com
Kain Satin Halus. Sumber : bukabukumu.com

Jenis kain satin memiliki karakter yang halus serta motif dan warna yang bermacam-macam. Sehingga kain ini tidak jarang digunakan untuk bahan dasar berbagai macam keperluan sandang, termasuk dalam hal ini gorden.

Dengan karakteristik bahan yang selain lembut dan mengkilap, jenis kain ini juga relatif terang sehingga nampak nyaman untuk dipandang. Hal ini ditambah lagi dengan ciri khas khusus yang ada pada kain ini yang membuatnya banyak digunakan dalam keperluan industri fashion.

2. Jenis Kain Lace/Kain Renda

Opsi yang kedua ada jenis kain Lace. Kain ini tidak hanya digunakan untuk membuat pakaian, namun juga dapat digunakan untuk membuat gorden. Baik goden untuk ruang tamu, gorden vitrase, untuk kamar tidur, pelengkap kanopi dan sebagainya.

Bahan ini cenderung lebih tipis jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Sehingga dengan karakternya yang cenderung tipis tersebut membuat jenis kain juga cocok untuk difungsikan sebagai pelapis gorden yang akan semakin mempercantik tampilan gorden utama.

3. Jenis Kain Blackout

Kain Blackout. Sumber : alibaba.com
Kain Blackout. Sumber : alibaba.com

Kain blackout, adalah salah satu jenis kain gorden yang biasanya dirancang untuk menghalangi cahaya yang berasal dari luar ruangan untuk masuk secara langsung ke dalam suatu ruangan. Hal ini dikarenakan jenis kain yang satu ini memang memiliki karakter yang dapat menghalangis sinar matahari secara langsung.

Selain memiliki kelebihan dalam paparan cahaya seacra langsung, kain blackout juga memiliki keunggulan lain seperti bahan yang cenderung lembut dan halus, mudah untuk dibersihkan, dan ketersediaan kain ini yang maih terbilang mudah untuk didapatkan dibanyak pemasaran online.

4. Kain Semi Blackout

Jenis kain ini memiliki sisi kesmaan dengan jenis kain blackout dalam hal meredam. Yaitu dalam hal meredam suara dari luar ruangan. Kemampuan redamnya berasal dari ketebalan jenis kain ini. Oleh karena itu jenis kain ini banyak digunakan dan diaplikasikan sebagai gorden pintu maupun jendela.

Untuk masalah warna, jenis kain memiliki warna yang beraneka ragam. Ada warna yang gelap, warna terang dan juga warna yang lebih soft. Bahkan tidak hanya warna, jenis kain semi blackout juga memiliki jenis corak yang beragam.

5. Jenis Kain Dimout

Kain Dimout. Sumber : google.com
Kain Dimout. Sumber : google.com

Jenis kain dimont, adalah jenis kain yang secara karakteristik memiliki bahan yang dapat memancarkan kemewahan dan juga kesan elegan. Oleh karena itu kain dimount banyak digunakan sebagai gorden roller blinds. Yang mana gorden roller blinds memiliki karakteristik yang bisa digulung ke atas.

Pengaplikaian Gorden roller blinds sendiri biasanya dipasang di jendela-jendela rumah, guna melindungi ruangan dari sengatan cahaya matahari secara langsung. Bisa juga untuk mempercantik salah satu sisi carport.

6. Jenis Kain Gorden Sutra

Jenis kain sutra memiliki karakteristik bahan yang lebih lembut dan halus, sehingga tepat untuk digunakan sebagai gorden di ruangan utama.

Secara harga jualnya sendiri, kain sutra tergolong kain yang cukup mahal jika di bandingkan dengan jenis kain lainya. Terutama untuk jenis kain sutra murni.

Untuk kelebihan kain sutra sendiri dari sisi memiliki kulitas yang cukup tinggi, terlebih jika kain sutra yang terbuat dari sutra alami. Kain jenis ini, tergolong kain yang terkenal lebih awet dan tahan lama, karena dalam proses produksinya terjadi secara alami.

7. Jenis Kain Katun

Kain Katun. Sumber : google.com
Kain Katun. Sumber : google.com

Kain katun memiliki karakteristik yang cenderung lembut dan nyaman digunakan. Bahan bain katun berasal dari proses dari pengolahan buah tanaman kapas “gossypiu”. Kain katun juga terdiri dari berbagai macam varian. Ini terjadi pada teknik tenun dan kualitas serat kapasnya yang berbeda-beda.

Jenis kain ini memiliki tekstur yang halus dan lembut karena dalam prosesnya dibuat dari serat alami, yakni dari serat tanaman kapas. Selain itu kain katun juga memiliki sifat kuat dan tahan lama, tentunya ini tergntung pada cara perawatan dan pemakaian itu sendiri.

Untuk anda yang memiliki alergi kulit pada beberapa jenis kain, kain katun bisa menjadi opsi yang tepat untuk anda gunakan. Kain katun juga sangat nyaman dipakai sebagai bahan pakaian sehingga banyak digunakan oleh sejumlah konveksi termasuk konveksi jersey. Sebab kain katun juga memiliki karakter yang sejuk ketika digunakan.

8. Jenis Kain Mori Primis

Primissim atau lebih dikenal dengan sebutan Mori Primis merupakan bahan berjenis mori katun yang berkualitas. Jenis bahan ini memeliki sejumlah kelebihan, antara lain memiliki karakter anyaman yang padat dan halus. Dengan kelebihannya tersebut membuat kain ini banyak digunakan untuk membuat batik tulis yang premium.

Demikianlah ulasan yang dapat kami sajikan terkait dengan jenis kain yang cocok untuk digunakan sebagai bahan gorden. Semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa share dan nantikan ulasan menarik lainnya. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.