5 Material Untuk Railing Tangga Yang Perlu Anda Tahu

Apakah anda memiliki rumah bertingkat? Untuk menghubungkan antar ruangan di lantai bawah serta lantai atas tentunya menggunakan tangga bukan? Tangga tersebut tentu tidak akan dibiarkan begitu saja, maka railing diperlukan baik untuk keamanan ataupun unsur estetik. Maka dari itu pengetahuan akan material untuk railing tangga perlu anda miliki.

Railing tangga sebagai sarana berpegang saat naik turun tangga membuat penghuni rumah merasa tenang dan nyaman. Walaupun penghuni rumah ada anak kecil yang hobi bermain naik turun tangga, orang tua tidak akan begitu panik. Terlebih railing sudah dibuat sedemikian rupa untuk keamanan tersebut.

Hari ini railing tangga semakin beragam variasi material yang digunakan. Material tersebut selain dinilai kuat untuk mengantasipasi hal yang tak diinginkan, tentunya juga bagus dijadikan sebagai pencipta keunikan dan keindahan sebuah rumah.

Bisa dibayangkan bukan, rumah yang memiliki model railing tangga unik yang berpadu dengan sofa Jogja yang menawan? Tentu selain menambah kenyamanan bagi penghuni rumah juga menghidupkan suasana keindahan didalamnya.

material untuk railing tangga untuk keamanan dan keindahan
Railing tangga untuk keamanan dan keindahan, sumber : pixabay.com

Material Untuk Railing Tangga

Nah bagi anda yang memiliki railing tangga idaman dan ingin disesuaikan dengan tema interior rumah, berikut adalah 5 material untuk railing tangga yang bisa anda jadikan referensi :

1. Kayu

Pastinya anda tahu bukan dengan material yang satu ini? Kayu sangat populer memiliki multifungsi, yaitu baik dari segi kekuatan maupun keindahan. Bahkan banyak dari jenis kayu yang dimanfaatkan sebagai furniture penghias interior rumah. Beberapa kayu yang cukup terkenal baik dari kekuatan dan motifnya adalah kayu jati, kayu sengon, dan kayu randu.

Saat ini pemanfaatan kayu sudah semakin meluas. Tidak hanya digunakan dalam furniture, dunia mebel juga membuat kayu sebagai material pembuatan railing tangga. Baik dengan diberikan tambahan cat ataupun dimunculkan motif aslinya kayu akan memberikan nuansa estetik pada rumah.

Selain itu material kayu juga terkenal untuk dibentuk menjadi sedemikian rupa. Bagi anda yang benar-benar ingin menampilkan kesan keindahan dalam rumah, railing tangga bisa anda bentuk baik kotak, bulat dan yang semacamnya. Selain itu hiasan seperti pahatan bisa juga anda tambahkan di dalamnya.

2. Batu Alam

Mengenai material yang satu ini sudah terkenal mampu membangun keindahan ditambah kemewahan pada sebuah rumah. Maka tidak mengherankan jika banyak orang yang yang menjadikan batu alam sebagai material favorit mereka. Terlebih jika dipadukan dengan lantai granit rumah mewah, maka unsur keindahan dan elegan benar-benar akan terlihat.

Saat ini batu alam pun juga sudah dikreasikan menjadi beragam material pada rumah. Salah satu yang saat ini banyak yang memanfaatkannya adalah pada bagian railing tangga. Railing tangga yang menggunakan material batu alam akan memiliki kekuatan dan keindahan sekaligus.

material untuk railing tangga salah satunya adalah batu alam
Batu alam salah satu referensi, sumber : pixabay.com

Apalagi matu alam bisa dipoles sedemikian rupa. Dengan dipoles batu alam selain nampak halus dan elegan, akan memunculkan motif aslinya. Matif-motif yang terlihat tersebut membuat nuansa keindahan semakin nampak jelas. Apakah anda ingin menggunakan material satu ini?

3. Kaca

Material kaca pada mulanya berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya matahari pada ruangan dalam rumah. Namun setelah dunia pembangunan berkembang pesat, kaca tampil menjadi material lain yang memiliki manfaat lebih lengkap.

Bahkan kekuatan kaca pun juga naik lebih besar saat ini. Sehingga saat ini dengan mudah anda menemukan kaca yang tidak mudah pecah. Bahkan diluar negeri banyak wahana wisata yang menjadikan material kaca sebagai material wahana wisata.

Dari perkembangan kekuatan pada kaca tersebut saat ini railing tangga banyak yang menggunakannya. Railing tangga bermaterial kaca benar-benar mampu menampilkan elegan dan kemewahan pada rumah tersebut.

Bahkan banyak juga rumah minimalis yang menggunakan material kaca. Kaca yang digunakan selain untuk keamanan dan keindahan, juga berfungsi agar rumah terkesan lebih luas. Terlebih jika pada bagian bawah tangga dibiarkan kosong tanpa diberikan interior ataupun barang tertentu.

material untuk railing tangga bisa dengan kaca
Railing kaca membuat kesan tersendiri, sumber : idntimes.com

4. Metal

Beragam metal memang terkenal memiliki kekuatan yang luar biasa. Bahkan karena kekuatan yang dimilikinya tersebut metal menjadi material yang memiliki daya tahan lama dan terkenal awet. Beragam metal dari stainless stell, besi hingga baja hari ini telah hadir sebagai bahan bangunan pilihan.

Keunggulan dari material ini yang lain adalah mampu dibentuk sedemikian rupa. Dari model yang sekedar biasa saja hingga memiliki unsur seni yang tinggi dapat anda wujudkan dengan material ini. Membuatnya pun juga banyak yang bisa. Tukang bengkel seperti pada bengkel las Jogja mampu membuat pesanan railing tangga berbahan metal sesuai keinginan.

Selain itu untuk metal seperti stainless steel dan baja juga aman terhadap perubahan cuaca. Dua bahan tersebut tidak mudah berkarat. Dengan demikian anda tidak perlu khawatir terhadap perawatan dari material berbahan metal jika ingin membuat railing tangga.

Material untuk railing tangga salah satunya adalah metal
Railing metal tergolong pilihan favorit, sumber : idntimes.com

5. Tali

Pastinya anda mengenal tali bukan? Tali tidak hanya sekedar memiliki manfaat sebagai alat pengikat saja. Saat ini tali memiliki beragam manfaat seperti untuk railing tangga. Maka tidak heran saat ini muncul berbagai jenis tali yang memiliki kekuatan berbeda-beda.

Bagi anda yang menginginkan estetik pada rumah benar-benar menonjol, anda bisa memanfaatkan tali sebagai railing tangga di rumah anda. Bisa anda bentuk seperti anyaman dan yang semacamnya. Beberapa tali seperti yang digunakan pada panjat tebing bisa anda aplikasikan.

Dan yang juga tidak kalah penting adalah, railing dari tali ini juga baik untuk kemanan. Bagi anak-anak railing yang menggunakan tali tidak akan menimbulkan luka saat terjadi benturan. Apakah anda tertarik untuk memanfaatkannya?

Nah itulah 5 jenis material yang bisa anda jadikan material pilihan untuk railing tangga rumah anda. Namun jika anda masih ragu untuk memilih yang mana, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu. Anda bisa berkomunikasi pada railing tangga Jogja agar pilihan semakin mantap.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *