Mengenal Akrilik, Bahan yang Cocok Buat Interior Rumah

Dalam merancang dan mendesain suatu interior rumah, tentu bahan dasar yang paling umum sering digunakan yaitu bahan kayu besi dan kaca. Namun dalam pembahasan kali ini kita tidak akan membahas 3 bahan dasar diatas sebagai interior rumah, akan tetapi kita akan membahas bahan dasar lain yang juga memiliki kualitas bagus sebagai interior.

Bahan dasar yang kami maksud pada pembahasan kali ini adalah Akrilik. Dalam penataan interior bukan hanya membahas berkaitan dengan jenis kain yang cocok untuk gorden, tetapi juga furniture furniture lain yang dapat meningkatkan tampilan yang elegan dan kekinian untuk sebuah rumah.

Penjelasan singkat, akrilik sendiri memiliki tampilan tembus pandang menyerupai kaca. Yang membedakan hanyalah ketahan dan massa yang ada pada materialnya. Oleh karena itu untuk mengetahui lebih jauh tentang akrilik serta penggunaannya sebagai bahan dasar interior rumah, berikut kami berikan ulasannya:

Apa itu Akrilik?

Akrilik adalah suatu material plastik yang terlihat seperti kaca karena tampilannya yang tembus pandang. Namun di luar daripada itu, material akrilik jauh lebih unggul dibandingkan dengan material kaca. Penggunaan akrilik ini sendiri telah banyak dimanfaatkan untuk bahan interior maupun eksterior rumah seperti meja, kanopi, ruang isolasi, dan lain sebagainya.

Mengenal Akrilik, Sumber: Google
Akrilik, Sumber: Google

Adapun hal yang membedakan material akrilik dari kaca adalah tidak mudah pecah, ringan, mudah dipotong, dikikir, di bor, dihaluskan, dikilapkan, di cat, dan bahkan dapat dibentuk secara termal menjadi berbagai macam bentuk yang rumit. Dari perbedaan di atas itulah yang sangat membedakan kedua material tadi.

Beberapa sifat yang dimiliki dari material akrilik yaitu seperti bening, kuat, lentur, tahan lama, aman untuk tempat makanan karena mikroorganisme tidak mungkin berkembang di bahan ini, serta dapat dibuat menjadi berbagai macam kategori dengan aneka ragam yang berbeda beda tentunya.

Kelebihan Akrilik

Setiap material yang diciptakan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki akrilik yang tidak dimiliki oleh material kaca ataupun plastik, kelebihan kelebihan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Lebih Ringan

Walaupun akrilik memiliki rupa yang transparan seperti kaca, namun setelah dilakukan penelitian, ternyata material akrilik memiliki massa 50% lebih ringan dari kaca. Alasan ini terjadi karena bahan akrilik terbuat dari homopolimer termoplastik yang ringan dan tahan terhadap benturan fisik.

2. Kuat

Kelebihan selanjutnya adalah material ini 17 kali lebih kuat dan tahan dengan benturan dari pada kaca. Alasannya lagi lagi kembali bahan bahan dasar pembuatan akrilik yang memiliki karakteristik tahan terhadap benturan fisik.

3. Tahan Terhadap Reaksi Kimia

Selanjutnya setelah dilakukan penelitian, ditemukan bahwa material akrilik tahan terhadap reaksi kimia apabila dibandingkan dengan plastic lainnya, contohya saja saat melakukan desain dinding luar rumah dan terkena matahari material akrilik tidak akan menyusut dan saat digunakan sebagai tempat makanan akan sangat aman karena mikroorganisme tidak akan berkembang disana.

4. Ramah Lingkungan

Selanjutnya material akrilik yang digunakan sangatlah ramah terhadap lingkungan karena tidak memiliki kandungan racun di dalamnya, ditambah lagi material ini dapat didaur ulang menjadi produk lain.

Akrilik Ramah Lingkungan, Sumber: Google
Akrilik Ramah Lingkungan, Sumber: Google

5. Mudah Dibersihkan

Terakhir, material akrilik sama seperti kaca yaitu mudah untuk dibersihkan, cukup menggunakan air atau sabun sudah akan membuatnya bersih dan berkilau kembali seperti baru.

Pemanfaatan Akrilik untuk Interior

Dengan semakin canggih dan berkembangnya kemajuan ilmu pengetahuan, akhirnya terciptalah suatu material yang tahan akan benturan fisik dan memiliki tampilan sebening kaca. Banyak hal yang didapatkan jika pemanfaatan akrilik dilakukan sebaik mungkin. Berikut ini 2 dari banyaknya pemanfaat material akrilik untuk interior.

1. Digunakan Sebagai Gantungan Kunci

Dalam penggunaan material akrilik sebagai kanopi ataupun pengaman tangga mungkin sudah sangat banyak yang membahasnya. Namun kini kami juga akan membahas penggunaannya pada pembuatan gantungan kunci.

Dalam prosesnya, penggunaan gantungan kunci ini dapat dilakukan untuk jenis kendaraan apa saja. Namun untuk menghemat tempat, setiap kunci yang anda punya sebaiknya menggunakan lanyard karena dapat ditumpuk. Jika anda tidak memilikinya maka anda dapat membelinya atau melakukan cetak lanyard ke produsen terdekat di kota anda.

2. Pengaman Dalam Pembuatan Mezzanine

Selanjutnya pemanfaatan material akrilik juga biasa digunakan untuk pengaman mezzanine hunian tempat anda tinggal. Alasan penggunaan bahan akrilik karena kekuatannya yang lebih baik dibanding kaca sekaligus tampilannya yang transparan akan memperindah suasananya.

Pengaman Dalam Pembuatan Mezzanine, Sumber: Google
Pengaman Dalam Pembuatan Mezzanine, Sumber: Google

Tips Penggunaan Cat Akrilik Pada Dinding Interior

Sebelum melakukan pengecatan menggunakan cat akrilik, sebaiknya pahamilah dulu tips yang baik dan benar dalam penggunaannya. Adapun tips tersebut adalh sebagai beriut:

Dikarenakan sifat cat akrilik yang cepat mongering, pastikanlah untuk mencampur cat sedikit demi sedikit dalam satu waktu. Usahakan agar selalu mengeringkan kuas setelah membiusnya. Hal ini dikarenakan untuk menghindari adanya tetesan air jatuh di permukaan medium dan membuatnya terlihat bernoda.

Saat sebelum pengaplikasian cat dimulai, anda dapat mencampur cat akrilik dengan warna putih agar hasil yang ditimbulkan terlihat lebih buram dan tidak transparan. Namun jika tidak anda juga dapat mencampurnya dengan sedikit air untuk mendapatkan efek transparannya kembali.

Gunakanlah cat tembok yang menggunakan pigmen akrilik dengan kualitas yang bagus agar hal tersebut akan menjaga kualitas kesegaran warna pada interior dan eksterior ruangan atau tembok rumah anda.

Demikianlah penjelasan tentang material akrilik serta pemanfaatannya untuk interior rumah. Semoga dapat menjadi sumber referensi serta tambahan pengetahuan bagi anda yang membacanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.