Jenis Cubicle Toilet dan Keunggulannya, Nomor 2 Paling Diminati!

Jika Anda sering berkunjung ke pusat perbelanjaan dan menggunakan toiletnya, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan cubicle toilet. Cubicle toilet merupakan jenis toilet yang dilengkapi dengan sekat-sekat atau partisi yang dibuat berdekatan namun tetap nyaman digunakan.

Merancang toilet agar tetap terjaga kebersihannya merupakan point yang sangat penting. Karena toilet yang bersih tentu akan membuat penggunanya menjadi nyaman saat berada di dalam toilet.

Apalagi pada toilet umum yang sering digunakan oleh banyak orang, yang tidak jarang membuat toilet tersebut menjadi kotor dan tidak nyaman digunakan. Karena hal itulah beberapa tempat umum seperti mall mengaplikasikan penggunaan cubicle atau partisi toilet ini.

Partisi toilet tergolong kedalam jenis toilet kering yang mampu memberikan kesan toilet yang rapi, bersih, dan sehat. Selain di pusat perbelanjaan, jenis toilet cubicle juga banyak diaplikasikan pada gedung perkantoran, bandara, stasiun, bahkan pada kampus

Jenis cubicle toilet, Sumber: venesta.co.uk
Jenis cubicle toilet, Sumber: venesta.co.uk

Kelebihan Menggunakan Toilet Cubicle

Penggunaan cubicle toilet pada tempat-tempat umum tentu bukanlah tanpa alasan. Cubicle toilet banyak dipilih dan diminati karena berbagai keunggulan yang dimiliki. Apa saja keunggulan dari jenis toilet yang satu ini? Berikut penjelasannya.

1. Menghemat Tempat

Keunggulan pertama dari jenis toilet cubicle adalah efisien tempat. Secara umum, cubicle toilet memiliki “body” tipis dan ramping yang membuatnya tidak memakan banyak tempat jika diaplikasikan pada suatu ruangan. Selain itu, dalam satu ruangan juga bisa diisi dengan beberapa bilik toilet sesuai dengan ukuran toilet yang ada.

2. Fleksibel

Selain tidak memakan banyak tempat, partisi toilet juga merupakan jenis toilet yang fleksibel. Karena jenis toilet ini bisa disesuaikan dengan layout toilet yang sudah ada. 

3. Mudah Dibersihkan

Jika dibandingkan dengan toilet konvensional dengan sistem toilet basah, perawatan cubicle toilet tergolong lebih mudah. Hal ini juga didukung dengan pedestal (kaki bawah) pada pintu dan partisi yang biasanya dibuat lebih tinggi dan berjarak dengan lantai. 

Dengan kondisi seperti itu, membuat debu pada sudut toilet bisa dengan mudah dibersihkan. Selain itu, jika terdapat percikan air dari pengguna toilet juga mudah dikeringkan dengan kain pel. Hal ini tentunya tidak akan membuat toilet menjadi lembab dan tetap nyaman digunakan.

4. Bernilai Estetika

Keunikan jenis partisi toilet terletak pada desain serta material yang digunakan. Hal ini tentunya berbeda dengan toilet konvensional yang menggunakan dinding batu bata sebagai pembatasnya. Dari segi desain dan tampilan, cubicle toilet memiliki kesan yang menarik dan juga eksklusif.

Keunggulan penggunaan partisi toilet, Sumber: archiexpo.com
Keunggulan penggunaan partisi toilet, Sumber: archiexpo.com

Jenis Cubicle Toilet dan Keunggulannya

Saat ini terdapat beberapa jenis cubicle toilet yang banyak diminati. Jenis cubicle tersebut tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Pemilihan jenis partisi toilet juga harus disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi dari toilet tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis cubicle toilet, antara lain:

1. Jenis Cubicle Toilet Kaca

Jenis cubicle toilet yang pertama adalah jenis cubicle kaca. Cubicle kaca merupakan jenis cubicle yang tampilannya paling eksklusif dan elegan dengan daun pintu beserta partisinya terbuat dari kaca. Jenis cubicle ini paling sering diaplikasikan pada gedung-gedung perkantoran.

Secara umum, terdapat tiga jenis kaca yang biasa digunakan untuk membuat cubicle kaca, antara lain: 

  • Clear glass tempered. Tipe kaca ini dilapisi dengan stiker yang memiliki berbagai pilihan motif. Penggunaan stiker sendiri berfungsi agar cubicle toilet tidak tembus pandang. Selain itu, pemasangan stiker juga bisa dijadikan dekorasi pada cubicle toilet karena banyaknya pilihan motif yang tersedia.
  • Laminated glass. Tipe toilet yang dilapisi dengan laminated glass adalah toilet yang sangat eksklusif dan elegan. Karena film kaca dipasang diantara dua lembaran kaca yang dilaminasi. Selain itu tipe kaca ini juga mudah untuk dibersihkan.
  • Ceramic glass. Tipe kaca ini adalah kaca polos tempered yang diproses ceramic dan di finishing dengan teknik digital printing.
Jenis cubicle toilet kaca, Sumber: cubiclesystems.co.uk
Jenis cubicle toilet kaca, Sumber: cubiclesystems.co.uk

2. Cubicle Toilet PVC

Apabila Anda ingin membuat cubicle toilet dengan harga yang ekonomis maka cubicle toilet PVC adalah pilihan terbaik. Seluruh pintu dan partisinya dibuat dari bahan PVC atau Polyvinyl Chloride yang tahan terhadap berbagai cuaca dan tentunya tahan air.

Karena memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap air dan tempat lembab, jenis cubicle ini tidak hanya cocok diaplikasikan untuk sistem toilet kering, tetapi juga cocok untuk sistem toilet basah. Cubicle fittingnya terbuat dari material stainless steel yang tentunya kokoh.

Cubicle toilet PVC, Sumber: toiletcubicle.co.id
Cubicle toilet PVC, Sumber: toiletcubicle.co.id

3. Jenis Cubicle Toilet Wooden

Cubicle toilet ini terbuat dari multiplek yang dapat di finishing dengan HPL maupun Vinyl yang sangat beragam motifnya. Cubicle toilet yang dilapisi dengan HPL memiliki ketahanan terhadap air. Namun meskipun begitu, jenis cubicle ini tidak direkomendasikan untuk sistem toilet basah.

Selain tahan terhadap air, cubicle wooden ini juga aman dari kemungkinan keropos dan lapuk. Serta memiliki lapisan anti gores dan memiliki ketahanan yang cukup tinggi terhadap benturan dan gesekan. Sehingga hal tersebut akan membuat cubicle toilet wooden menjadi lebih awet dan tahan lama.

Cubicle toilet wooden, Sumber: halotoiletpartisi.wordpress.com
Cubicle toilet wooden, Sumber: halotoiletpartisi.wordpress.com

4. Cubicle Toilet Phenolic

Jenis cubicle toilet yang terakhir yaitu cubicle dari material phenolic. Phenolic merupakan material yang terbuat dari lapisan craft paper yang dilaminasi menggunakan resin dengan suhu tekanan yang tinggi. Ketebalan phenolic ini mulai dari 1.5 mm hingga 30 mm.

Material phenolic tergolong material yang ramah lingkungan, tahan terhadap bahan kimia, tahan api, kelembaban, serta tahan terhadap goresan. Selain itu, jenis cubicle toilet phenolic tidak berpori, sehingga memiliki sifat anti bakteri yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

Cubicle toilet phenolic, Sumber: blainedistribution.com
Cubicle toilet phenolic, Sumber: blainedistribution.com

Jasa Cubicle Toilet Jogja Recomended

Itulah beberapa jenis cubicle toilet yang saat ini banyak diminati karena keunggulannya. Untuk mendapatkan cubicle toilet dengan material berkualitas, Anda perlu mencari jasa pembuatan cubicle toilet yang berpengalaman di bidangnya.

Apabila Anda ingin membuat cubicle toilet, Anda bisa membuatnya di Jogja Kanopi. Jogja Kanopi hadir dengan layanan yang prima serta hasil yang maksimal. Tentunya Jogja Kanopi akan membantu Anda dalam mewujudkan cubicle toilet yang Anda butuhkan.

2 thoughts on “Jenis Cubicle Toilet dan Keunggulannya, Nomor 2 Paling Diminati!”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *