7 Penerapan Etika Bisnis Dalam Wirausaha

Etika bisnis dalam wirausaha adalah aturan yang tidak tertulis tentang benar tidaknya dalam menjalankan usahanya yang mencakup segala aspek kegiatan bisnis baik individu, perusahan, dan masyarakat. 

Dengan adanya etika bisnis ini akan memberikan dampak dan tujuan yang baik yaitu, untuk mendorong kesadaran moral dan memberikan batasan bagi para pengusaha untuk dapat menjalankan usahanya secara benar. 

Menjalankan bisnis menjadi salah satu bentuk kegiatan atau pekerjaan yang dapat dilakukan perorangan atau kelompok dalam tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba. 

Dalam menjalankan bisnis yang baik tentunya tidak hanya berorientasi pada keuntungan dan kemampuan saja. Maka dari itu untuk dapat menjalankan bisnis dengan baik dan benar tentu juga sangat dibutuhkan penerapan etika bisnis dalam wirausaha. 

Beberapa Penerapan Etika Bisnis Dalam Wirausaha

Dengan menggunakan jasa press release untuk meraih status bisnis yang baik dan sesuai dengan kaidah itu tidak diragukan lagi, tetapi perlu dipahami bahwa penerapan etika bisnis itu juga sangat diperlukan.

Karena dalam etika bisnis itu mempunyai peranan penting dalam menciptakan norma, kesadaran moral, dan memberikan batasan-batasan bagi para pebisnis dalam menjalankan usahanya. 

Etika bisnis dalam wirausaha, sumber: pustakademik.blogspot.com
Etika bisnis dalam wirausaha, sumber: pustakademik.blogspot.com

Bukan tidak mungkin jika etika bisnis menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam menjalankan bisnis anda. Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai penerapan etika bisnis dalam wirausaha yang harus anda perhatikan, diantaranya:

1. Bersikap Jujur

Penerapan etika bisnis dalam wirausaha yang pertama adalah bersikap jujur. Skill komunikasi itu penting tetapi bersikap jujur ini menjadi salah satu bagian dari etika bisnis yang harus anda terapkan. 

Sebab sebagai seorang pemimpin atau manajer perusahaan yang baik, kejujuran adalah landasan penting yang harus dimiliki agar bisnis perusahaan berkembang dan layak dipercaya ke semua kalangan. 

Jadi anda harus bersikap jujur kepada pihak konsumen. Dan bahkan konsumen berhak mengetahui produk yang ditawarkan oleh bisnis anda. Baik dari bahan produk sampai kualitas dari produk tersebut. 

Bersikap jujur pada konsumen dalam berbisnis nantinya akan berdampak baik yang akan menambah keyakinan pada konsumen dan menambah citra bagi perusahaan anda.

2. Saling Percaya

Penerapan etika bisnis selanjutnya adalah saling percaya satu sama lain. Pada prinsipnya saling percaya ini akan didasari pada sikap kejujuran satu sama yang lain. Dengan begitu memberikan kepercayaan tidak terbatas mengikuti emosi saja.

Dalam menjalankan suatu bisnis, anda perlu untuk mulai terlebih dahulu beberapa pertimbangan sebelum akhirnya akan menjalin kerjasama dan memberikan kepercayaannya.

Misalnya, ketika anda merekrut karyawan yang belum anda kenal, maka ada baiknya anda tidak lantas begitu saja menerima tanpa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Jadi anda juga perlu untuk mengetahui latar dan kemampuan pada calon karyawan tersebut untuk meminimalkan berbagai resiko. 

3. Bersikap Adil

Dalam menjalankan sebuah bisnis anda harus berusaha untuk bersikap adil. Seorang pebisnis yang baik pada dasarnya berkomitmen pada keadilan. Dan mereka tidak menjalankan kepemimpinannya secara sewenang-wenang. Tentu juga tidak menggunakan cara yang berlebihan untuk mendapatkan keuntungan atau mengambil keuntungan yang tidak semestinya.

Bersikap adil, sumber: glints.com
Bersikap adil, sumber: glints.com

Bagi pemilik bisnis harus berusaha untuk mewujudkannya dalam perlakuan yang sama terhadap individu, toleransi, dan keragaman. Mereka berpikiran terbuka yang bersedia mengakui bahwa mereka salah dan jika sesuai fakta, mereka akan mengubah posisi dan keyakinannya. 

4. Integritas

Menerapkan integritas dalam beretika bisnis adalah kunci penting untuk menjaga nama baik dari usaha anda. Sebab integritas yang kuat akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan pihak lainnya terhadap usaha anda.

Pengertian dari integritas ini juga dapat diartikan sebagai cara bagaimana menjunjung tinggi nilai-nilai dan etika dalam berbisnis. Nilai dan etika dalam berbisnis ini jelas mempunyai andil yang besar dalam menjalankan suatu bisnis. 

5. Bersikap Loyalitas

Bersikap loyalitas bisa diartikan sebagai sikap kesetiaan yang menjadi etika dalam berbisnis. Dalam konteks berbisnis, sikap loyalitas sering dikaitkan dengan konsumen dan pelanggannya. Loyalitas pelanggan dianggap sebagai faktor utama yang dapat menentukan tingkat penjualan.

Ada banyak hal yang bisa anda peroleh dengan loyalitas konsumen salah satunya bisnis anda akan mendapatkan pembelian secara teratur dari pelanggan. Jadi sikap loyalitas konsumen menjadi sangat penting bagi perusahaan dan untuk mendapatkannya pun akan sangat sulit. 

6. Tanggung Jawab

Dalam setiap perusahaan harus memiliki sikap tanggung jawab yang menjadi bagian dari etika bisnis. Yang dapat dimaksud sebagai kesadaran perusahaan bahwa keputusan bisnisnya dapat mempengaruhi masyarakat.

Beretika dalam menjalankan bisnis, sumber: online.hbs.edu
Beretika dalam menjalankan bisnis, sumber: online.hbs.edu

Dan sikap tanggung jawab ini dapat mewujudkan kepedulian suatu usaha pada masyarakat dan lingkungan sekitar yang dimana usaha tersebut berada. Artinya yang lebih luas dari istilah ini adalah tanggung jawab dari pihak perusahaan terhadap konsumen, karyawan, dan investor.

7. Bersikap Bijaksana

Penerapan etika bisnis yang terakhir adalah bersikap bijaksana. Jadi menunjukkan kasih sayang dan kepedulian yang tulus akan menjadi kan kesejahteraan bagi orang lain. Salah satu prinsip etika bisnis yang penting yaitu orang yang peduli, penyayang,dan peka terhadap keadaan sekitarnya.

Bagi seorang pebisnis mereka memahami konsep bagaimana kepentingan dalam suatu keputusan karena mereka terpengaruh olehnya dan mereka selalu mempertimbangkan konsekuensi dari bisnisnya, keuangan,dan emosioanlnya dari tindakan mereka pada semua pemangku kepentingan.

Sebagai pemilik bisnis yang beretika harus berusaha untuk mencapai tujuan bisnisnya dengan cara yang paling sedikit menyebabkan kerugian dan memiliki cara yang memiliki kebaikan positif.

Itulah beberapa penerapan etika bisnis dalam wirausaha yang harus dipahami. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga artikel ini ada manfaatnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.