Desain Kamar Minimalis Sederhana Nyaman Dan Luas

Kamar tidak hanya menjadi tempat melepas penat sebagai sebuah tempat tidur yang nyaman, namun juga menjadi tempat untuk bekerja, belajar, menghabiskan waktu sendiri, atau kegiatan positif lainnya. Desain kamar minimalis sederhana namun nyaman dan luas merupakan sebuah ide yang menarik dan patut dicoba.

Tidak hanya menghabiskan biaya yang sedikit, mendesain kamar dengan desain kamar minimalis sederhana juga akan menghadirkan suasana baru untuk Anda. Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mendesain kamar menjadi lebih keren. Ubah desain kamar menjadi minimalis sederhana dan rasakan suasana baru layaknya sedang di hotel bintang lima!

Desain minimalis bukan berarti desain yang sempit. Terlebih, yang harus Anda pahami adalah desain dan dekorasi tidak melulu bergantung pada ukuran. Besar kecilnya sebuah ruangan sebenarnya tergantung pada furniture yang dipilih.

ukuran standar sebuah ruangan bergantung pada tujuan dan fungsi penggunaan ruangannya. Misal untuk area kamar tidur, kamar tidur biasanya direkomendasikan seluas 20 meter persegi atau 4 x 5 m. Namun beberapa tips dan ide berikut tidak hanya untuk diaplikasikan pada luas kamar yang demikian. Anda bisa desain kamar Anda dengan ide dan tips berikut meskipun ukurannya lebih kecil dari 20 meter persegi.

Lain hal nya dengan kamar tidur anak, kebutuhan bergerak dan bermain banyak dipertimbangkan. Ukuran ideal untuk kamar anak umumnya adalah 3 x 4 m atau 12 meter persegi. Adapun kamar tidur tamu, dengan pertimbangan untuk menginap dan tidak perlu banyak properti didalamnya, ukuran 3 x 3 atau sekitar sembilan meter sudahlah cukup.

Beberapa Tips Buat Desain Kamar Minimalis Sederhana Supaya Tidak Terasa Sempit

Umumnya seseorang menginginkan desain kamar yang sederhana namun nyaman untuk dihuni. Beberapa lagi ingin desain kamarnya dirubah supaya tidak bosan dan serasa sedang berlibur dan menginap di penginapan mahal. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mendesain kamar minimalis sederhana agar tidak terlihat sempit dan nyaman.

Memilih Warna Cat

Setiap orang pastinya punya favorit warna masing-masing. Setiap warna yang digemari kadangkala sampai berujung pada pemilihannya untuk warna cat kamar. Namun berikut adalah penjelasan dan alasan, mengapa Anda harus mencoba menggunakan warna putih.

Sebagian dari Anda mungkin sudah tahu terkait fakta unik bahwa ternyata suatu ruangan dengan cat warna putih akan terasa lebih luas. Namun keunikan penggunaan warna putih tidak berhenti sampai disitu. Penggunaan cat putih pada ruangan juga berdampak pada pencahayaan alami, sehingga intensitas penggunaan lampu akan berkurang dan lebih menghemat listrik.

Desain Kamar Minimalis Sederhana Nyaman Dan Luas
Penggunaan warna yang sesuai tentu memberikan kesan yang baik. Namun warna putih berbeda. Tidak hanya kesan, manfaat dari penggunaan warna putih ada banyak. Sumber : Istockphoto.com

Warna putih juga kana membuat Anda tidak kebingungan dalam memilih furniture untuk mengisi kamar. Kadang seseorang bingung hendak membeli furniture yang cocok untuk warna kamarnya. Beda dengan cat warna putih, putih adalah warna basic yang cocok disatukan dengan warna lainnya.

Permasalahannya, warna putih acapkali mendapat anggapan monoton dan tidak elegan. Padahal hal ini bisa Anda siasati dengan mengkombinasikannya dengan warna lain. Namun disarankan jangan sembarangan memilih warna kombinasi. Gunakan warna kalem atau warna pastel. Kesan elegan dapat, kesan luas juga dapat.

Hias Dinding

Menggunakan hiasan dinding yang tepat tidak akan memengaruhi luas ruangan. Kadangkala orang salah memilih jenis hiasan sehingga kamar atau ruangan malah dirasa sempit. Anda bisa gunakan hiasan seperti wallpaper, storage dinding dengan bentuk unik, atau menggunakan bata ekspos.

Sebenarnya opsi menghias dinding tidak terlalu penting dalam model desain minimalis. Sebab, jika memang dirasa justru malah menyempitkan kamar, ada baiknya tidak perlu ditambah-tambahi. Akan ada beban tersendiri untuk selalu membersihkan atau mengganti hiasan jika kotor dan rusak. Justru ini tidak baik jika mengganggu Anda.

Terlebih jika Anda adalah seorang sopir travel antar kota, menggunakan hiasan justru seakan merusak kenyamanan. Gunakan saja hiasan mini dan mudah untuk dipindah-pindah. Misal foto, lukisan, atau wall decor.

Cermin

Merupakan salah satu elemen dekoratif yang mempunyai kekuatan “magis”, apa lagi kalau bukan cermin. Menambahkan cermin besar dalam kamar berukuran kecil bisa memberikan efek lebih lapang. refleksi yang diberikan dan sifatnya yang memantulkan cahaya juga akan memberikan kehangatan. Bisa pula lebih menghemat listrik.

Walau kadang beberapa orang merasa ketakutan jika menaruh cermin besar kedalam kamarnya. Sama halnya dengan beberapa tips sebelumnya, menata dan menaruh dengan benar akan memberikan hasil yang diinginkan. Namun jika salah letak, atau malah sebenarnya tidak cocok, ruangan malah terasa berantakan.

Apa Tema Dan Gaya Kepribadianmu?

“Wah, model ini kok aku banget ya?”, “warna ini emang paling cocok untuk aku!”, “aku kalo lihat warna ini serasa kaya tenang gitu…”. Nah, setelah membahas beberapa tips buat desain kamar minimalis sederhana supaya tidak terasa sempit, ada baiknya Anda mulai memikirkan gaya dan tema yang “aku banget”.

Ada banyak jenis dan gaya yang ada dan Anda bisa memilih salah satu darinya. Berikut adalah beberapa contoh yang sudah dirangkum untuk Anda :

1. Gaya Mezzanine

Gaya mezzanine merupakan sebuah model arsitektur yang sesuai untuk hunian modern. Konsepnya unik yakni tempat tidur diatas menyatu dengan dinding dan memiliki pagar plus tangga. Konsep rumah mezzanine dikenal sebagai sebuah solusi untuk ruang ekstra di dalam rumah tanpa menambah lantai bangunan.

Biasanya ruang tambahan tersebut diletakkan dalam kamar. Menjadi sebuah tempat tidur. Atau bisa juga ditaruh ruangan lain untuk menjadi tempat bersantai bahkan ruang kerja. Bagaimana? Apakah ini gaya dan tema yang sesuai dengan kepribadianmu?

Desain Kamar Minimalis Sederhana Nyaman Dan Luas
Penampakan model mezzanine. Sumber Istockphoto.com
Desain Kamar Minimalis Sederhana Nyaman Dan Luas
Penampakan model mezzanine. Sumber Istockphoto.com

2. Gaya Minimalis Skandinave

Yang satu ini adalah desain ruangan yang sudah diperkenalkan sejak tahun 1950-an di Amerika. Konsep dasarnya adalah elegan namun sederhana. Sangat selaras dengan desain minimalis. Kata skandinave sendiri merujuk ke negara-negara nordic di Eropa Utara seperti Swedia, Norwegia, Denmark, dan lainnya.

Desainnya banyak terinspirasi dari alam. Mengedepankan pencahayaan dan kehangatan, sebab berasal dari daerah dengan iklim yang dingin. Sebagai masyarakat Indonesia yang tinggal didaerah bersuhu dingin seperti Bogor, Bandung, atau Malang, Anda bisa gunakan desain kamar minimalis sederhana bergaya skandinave.

Desain kamar minimalis bergaya scandinave
Penampakan desain kamar minimalis sederhana ala scandinave. Sumber : Istockphoto.com
Desain kamar minimalis bergaya scandinave
Penampakan desain kamar minimalis sederhana ala scandinave. Sumber : Istockphoto.com

3. Interior Retro

Suka desain interior kamar tidur bergaya vintage? Gunakan interior retro untuk menghiasi kamar tidur Anda! Mengulang kembali gaya masa lampau. Desainnya memang cocok untuk Anda yang suka ketenangan.

Desain kamar retro dan vintage
Penampakan dekorasi atau desain kamar minimalis bergaya retro. Sumber : Istockphoto.com
Desain kamar retro dan vintage
Penampakan dekorasi atau desain kamar minimalis bergaya retro. Sumber : Istockphoto.com

Itulah tiga gaya dan tema untuk desain kamar minimalis sederhana yang paling direkomendasikan, sesuai dengan minat mayoritas masyarakat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Silahkan kunjungi website kami untuk artikel informatif lainnya.[]

Leave a Comment

Your email address will not be published.